Yogyakarta, 6 Juli 2008, Menyusul kesuksesan peluncuran Castrol Power 1 Scooter, pelumas khusus untuk kendaraan scooter-matik, pada 7 September 2007 lalu, kegiatan Matic United Castrol Power 1 Scooter kembali digelar PT Castrol Indonesia pada paruh kedua tahun ini di empat kota besar Indonesia yakni Yogyakarta (6/7), Bandung (12/7), Malang (26/7), dan Denpasar (4/8).
PT Castrol Indonesia menyikapi tingginya minat masyarakat terhadap jenis kendaraan scooter matic dengan meluncurkan Castrol Power 1 Scooter, pelumas dengan formulasi khusus ‘Scootek Technology,’ untuk mesin-mesin bertransmisi CVT (continosly variable transmission) atau kerap disebut dengan mesin dengan transmisi otomatis pada kwartal akhir tahun 2007. Melalui Scootek Technology yang diusungnya, Castrol Power 1 Scooter diposisikan sebagai oli mesin 4T (empat langkah) mass prestige yang dapat menghasilkan tingkat gesekan rendah sekaligus memberikan perlindungan ekstra pada ruang mesin bersuhu tinggi akibat pembakaran dan gesekan antar komponen metal secara kontinyu. Castrol Power 1 Scooter memiliki spesifikasi JASO MB dengan API SG/SJ dengan tingkat viscositas 10W-40. Spesifikasi ini memungkinkan Castrol Power 1 Scooter bisa digunakan untuk seluruh model scooter-matic, baik untuk scooter-matick produksi Eropa maupun Asia.
Pelumas Berteknologi dari Castrol
Pelumas sebagai ’darah’ pada mesin kendaraan memegang peranan penting karena fungsinya yang lebih dari sekedar pelumas, namun juga sebagai penjaga suhu, perlindungan dari karat, pembersih, sekaligus juga menutup celah pada dinding mesin. Pelumas membuat gesekan antar komponen menjadi lebih halus sekaligus mendistribusikan panas dari ruang bakar ke komponen mesin lainnya. Cara kerja scooter-matic yang mengandalkan sistematik penggerak berupa CVT (Continously Variable Transmission) membuat cara kerjanya terlihat lebih sederhana, namun menghasilkan putaran mesin yang tinggi karena desain mesinnya yang dibuat lebih kompak. Teknologi kopling kering dan roda gigi terpisah yang menghasilkan suhu tinggi menjadikan penggunaan pelumas yang tepat menjadi sangat penting. Dengan kondisi seperti itu, performa mesin harus benar-benar mendapat dukungan penuh dari oli berspesifikasi khusus yakni yang memiliki kekentalan tinggi untuk roda gigi serta pelumasan untuk meminimalisir gesekan.
Scootek Technology adalah penemuan baru Castrol sebagai pelumas mesin scooter-matic yang memiliki kinerja pelumasan maksimum pada suhu tinggi sekaligus mengurangi tingkat gesekan antarkomponen. Scootek Technology dikembangkan secara khusus sebagai pelumas mesin scooter-matic yang memberikan 50% tingkat kebersihan serta mengurangi penumpukan lebih dari 75% di bagian mesin dibanding dengan oli berspesifikasi 10W-40 sejenis. Dengan demikian, Castrol Power 1 Scooter berfungsi untuk mengurangi pembuangan tenaga yang tidak perlu, memberikan tenaga maksimal, melindungi mesin serta otomatis akan mengurangi tingkat konsumsi BBM scooter-matic Anda. Castrol Power 1 Scooter sebelumnya telah diluncurkan di Vietnam pada tahun 2004 dan tahun 2005 dipasarkan di Thailand. Di kedua negera tersebut, Castrol Power 1 Scooter terbukti menjadi market leader untuk pelumas khusus scooter-matic 4T.
Berkantor pusat di Swindon, Inggris, Castrol telah hadir di lebih dari 150 negara di seluruh dunia dan menguasai pangsa pasar yang terkombinasikan sebesar 20 persen di kawasan Asia Pasifik, meliputi pasar Australia, China, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.
Castrol, merk pelumas unggulan dari BP p.l.c., mulai memasuki pasar Indonesia sejak 1970. Dengan meningkatnya permintaan masyarakat pada pelumas yang diakui secara internasional, pada 14 Mei 1998 didirikan PT. Castrol Indonesia.
Castrol adalah racing-partner Honda Fortuna untuk MotoGP 2006 dan di musim tahun ini bersama Honda Gresini yang saat ini mencapai posisi unggulan dalam MotoGP Championship. Castrol juga menjalin kemitraan global dengan beberapa pabrikan terkemuka seperti BMW, Komatsu Group, Land Rover, Volvo Car Corporation, dan Aston Martin. Castrol yang memusatkan divisi riset dan pengembangan di Pangbourne, Inggris, juga memiliki beberapa ‘Technical Centre of Excellence’ dan laboratorium yang tersebar di berbagai negara.
0 komentar:
Posting Komentar