Rabu, 25 Februari 2009

Suzuki GT 750 1971


Generasi superbike pertama Suzuki. Unggul pada sistem pengereman tromol depan yang besar dan nyaman dipakai touring. Perhatikan bagian pelumasan dan kondisi bushing swing arm.

Suzuki mengawali debutnya meluncurkan model motor besar melalui GT 750 pada tahun 1971 dengan kode J. Dengan mengusung mesin tiga silinder berkapasitas 750 cc, 2-tak, model ini juga dibekali dengan sistem pendingin air, dan ini merupakan satu hal yang baru. Karena itu, di beberapa negara aplikasi perangkat ini mempunyai sebutan khusus, di Australia dinamakan ‘water bottle’, di Amerika disebut ‘water buffalo’ dan di Inggris dipanggil ‘kettles’. Sebelumnya, Suzuki telah meluncurkan motor ber-cc besar, Titan 500 cc, mengandalkan mesin 2-tak yang dirancang untuk touring.

Salah satu keunggulan GT 750 terletak pada tromol roda depan berdiameter besar, 8” dengan empat sepatu remnya. Selanjutnya, sistem tromol ini dikembangkan menjadi disc brake pada model berikutnya. Karena mengadopsi mesin ber-cc besar, tentulah frame pun harus mengakomodir kemampuannya, hal itu juga karena bodi motor akan lebih lebar akibat mesin yang menjajar tiga. Untuk itulah modelnya menggunakan double duplex cradle, selain lebih kekar dan stabil juga dirancang ringan agar memudahkan penunggangnya terutama dalam bermanuver. GT 750 mempunyai handling yang bagus untuk dipakai touring atau pemakaian harian, tapi jangan sekali-kali diajak menempuh jalan kasar bergelombang, karena akan terasa limbung.

Sebelum mencapai angka 3000 rpm, getaran mesinnya akan terasa kasar, namun getaran yang smooth akan didapatkan ketika jarum rpm berada pada kisaran 3000-5500 rpm. Output tenaganya telah disesuaikan dengan kebutuhan perjalanan jauh dan lebih unggul di torsi. Konsumsi bahan bakarnya setiap satu liter bisa menempuh jarak 12 km sampai dengan 16 km, dan prediksi paling boros mencapai 9 km. Jadi dengan kapasitas tangki 20 liter sanggup menempuh jarak 240 sampai 320 km. Yang terlihat unik, knalpot yang keluar dari mesin tiga silinder ini berjumlah empat buah.

Mendukung pengendaraan lebih akomodatif, desain jok dibuat lebih besar hingga ketika membonceng pun masih tetap nyaman. Untuk pembonceng pun telah disediakan behel atau grab-rail sebagai pegangannya. Struktur panel instrument pun tergolong ergonomis pada periode tersebut karena mudah untuk memantau kecepatan, jarak tempuh, tekanan temperature, indicator bensin dan putaran rpm.

Bagi penggemar motor klasik usia 21- 28 tahun, GT 750 bisa menjadi alternatif untuk dijadikan pilihan. Sosoknya sudah mendekati style modern dengan performa yang bisa diandalkan untuk utilitas pemakaian, harian dan touring. Harganya pun tidak terlalu mahal, untuk kondisi mulus dan orisinal ditaksir mencapai 20 jutaan. Bila berniat memilikinya, jangan lupa untuk memperhatikan bagian sistem pelumasan oli samping dan saluran radiator. Sedangkan bagian bodi, pengecekan bisa dimulai dari bushing swing arm, rantai dan kondisi fork serta shockbreaker belakang. Sayang, di Indonesia, menurut Bobby, pemerhati motor klasik di Bekasi, suku cadang GT 750 sangat susah dicari ketimbang motor-motor Jepang lainnya terutama karena mesin 2-taknya.

dipublikasikan untuk MotoRiders
Read More...

Handcraft by Razzle-Dazzle Chopper works







Read More...

Rabu, 14 Januari 2009

Dictionary of Custom Bike Contest


Berikut beberapa di antara istilah yang kita dengar di acara custom bike contest. Masih banyak selain ini, tapi setidaknya mewakili beberapa pengertian mengenai istilah yang ada karena lain negara, lain organizer, akan ditemui beberapa aturan mengenai kontes adu pamer kreatifitas ini. Artikel ini juga tidak sekadar menjelaskan istilah dalam custom bike contest namun juga penjabaran dari perbedaan antara motor touring dan cruiser..

Touring Bikes
designed for long term trips, usually factory equipped with a trunk and saddlebags along with fairing and windshield's. These bike's usually are over 850 pounds without rider. Examples - HD Electra Glides, Goldwing, Venture, Voyager

Builder
Bikes that are built by hand or by small limited production manufacturer's, usually using large amounts of aftermarket parts and are very expensive. These bike's are usually trailered to prevent road rash, bike's in this class may also be under construction. Examples - Boss Hoss, Titan or any altered or hand made.

Cruiser
Bikes not quite a full touring machine, good for open road and travel may have factory saddlebag's and windshield without any fairing, usually around 500 to 700 pound's. Examples - HD Dyna, Soft Tail, Springer, V-Rod, Indian, Victory, Yamaha, VStar 1100 and Roadstar, Kawasaki, Vulcan and Drifter.

Standard
Bikes usually 800 cc or less, a lightweight cruiser type less than 550 pounds, usually not very comfortable for long trips but best suited for around town riding. Examples - HD Sportster, Yamaha VStar 650, VMax Virago, Honda Shadow, Magna, etc.

Sportbike
Bikes sometimes called crotchrockets, very fast, lightweight, designed for quick handling aggressive riding, usually has rider in a lay down over the tank position. Examples - Buell, Honda CBR1100, Yamaha YZF, CBR 600R, Ducati, Ninja, Hyabusa.

Special
Bikes converted to trikes, bikes with sidecars, antique (over 30 years), trailer made to tow behind a bike, gopeds, mopeds, scooters and illegal street bikes such as drag bikes and dirt bikes.

Show it as you rode it
Not a Rat bike class. A class open to all bikes for those riders who take great pride in their ride and in collecting smashed insects and other road debree while riding to and from events for those riders who would rather party with a cold refreshment than sweat to death cleaning but chose to wait to return to the confines of home for cleanup. Example - You rode 600 miles through morman crickets and grasshoppers to get here and as chance would have it the cleaning supplies are at home and the welcome cool one and shade means more than a wash and polish.

Custom
Bikes that are heavily accessorized with aftermarket parts and or custom paint jobs. This class is open to anyone who feels this is the class their motorcycle belongs in.

Remember this show is for fun and enjoyment of all.



Read More...