Kamis, 25 September 2008

Selamat Berlebaran...Mohon Maaf lahir Bathin





Read More...

Kamis, 18 September 2008

Menngenal Tool Kits Sepeda Motor


Perkakas atau tool kits tidak terlepas dari kegiatan otomotif. Berbagai bentuk dan merek peralatan yang berhubungan dengan mesin atau bodi kendaraan tentu selalu kita temui dalam aktivitas bengkel. Namun tidak semuanya barang-barang tersebut dapat digunakan untuk membongkar-pasang pada setiap detail kendaraan, tapi terdapat klasifikasi dan pemakaian tertentu.

Secara umum menurut Riyanto Sunarko, mekanik senior jebolan Astra Honda Motor, tools ini terbagi dalam beberapa jenis, di antaranya:
-Common tools, yakni berupa peralatan yang biasa dan umum digunakan seperti kunci ring, kunci pas, obeng, tang

-Special tools, yakni peranti khusus untuk membuka komponen kendaraan, seperti tracker untuk membuka magnet.

-Measuring tools atau alat ukur, yakni berupa pengukur untuk mengetahui atau mengecek kondisi komponen tertentu seperti tekanan ban atau torsi

-Soft tools atau chemical, yakni pendukung hardwarenya biasanya berupa cairan seperti epoxy, locktite

Untuk motor-motor produksi Asia dan Eropa, ukuran baut adalah menggunakan satuan mm. Khusus motor Eropa sendiri sering ditemui dalam satuan mm berukuran ganjil seperti 11 dan 13. Hal itu contohnya bisa dilihat untuk membuka karburator Vespa yang memakai kunci 11. Sedangkan motor buatan Amerika yakni HD mengaplikasi satuan inchi. Tapi pengecualian untuk V-Rod ada sebagian yang sudah menggunakan ukuran mm karena motor ini awal diproduksi di Jerman.

Bagi keperluan sendiri motorist yang memiliki motor Jepang jangan lupa untuk selalu melengkapinya dengan common tools. Biasanya kunci yang lazim digunakan adalah 8,10,12,14,17,19 dan 21. Sedangkan pada motor Cina ada tambahan ukuran baut ganjil misalnya 13,” tambah Ryanto.

Merek-merek tool kits yang biasa dijumpai pada bengkel-bengkel sangat beragam. Snap-on, adalah merek yang paling terkenal kualitasnya dan lazim dipakai oleh mekanik-mekanik team-team balap dunia. Kemudian Kowa Seiki, Facom, Kyoto Tools Company, Vessel, Krisbow, ACE Profesional, dan Fukung. Tapi biasanya merek yang banyak digunakan sebagai standar bengkel-bengkel motor adalah KTC.

Dalam penggunaan umum sehari-hari, untuk membuka pasang baut lebih disarankan menggunakan kunci ring atau kunci shock. Hal itu agar tidak merusak bidang luar baut karena sudut-sudutnya bisa dicengkram sempurna. “Sedang kalau kunci pas, yang menekan hanya dua bidang saja hingga tekanannya tidak merata,” anjur Ryanto.

Kemudian untuk lebih mempercepat kerja kita dalam membuka baut, kunci model rachet bisa menjadi acuan. Kunci ini menganut sistem satu arah khusus untuk membuka dan satu arah lagi untuk mengencangkan

pernah dipublikasikan untuk majalah MotoRiders Read More...

Hikmah Bersepeda Ramadhan


Beberapa hari belakangan, setiap pukul 17.00 saya sudah bersiap bercelana pendek, kaus dan topi. Ya, menjelang buka puasa, sekarang, bila tidak aktifitas dinas kantor,saya menyempatkan diri mengayuh sepeda. Awalnya, bos saya memberikan satu unit sepeda yang tidak bermerk dan lama tak dipakai dari baru, katanya.Lumayan..buat sekadar olahraga, setelah hampir 3 tahun tak pernah melatih otot-otot badan

Parkir lama, membuat badan saya dan juga sepeda terasa berat. komstir godek, jok keras, dan stiker yang tak berseni, membuat tangan segera terampil menyopoti stiker, menukar jok baru sekaligus sedikit merehab beberapa bagian, termasuk komstir. Bersama karib yang sudah memiliki unit sepeda branded, dan menurut orang awam seperti saya sudah full spek, gowesan pertama menuju kawasan tebet, dari pancoran tempat saya. Agak kikuk juga, bersepeda adalah aktifitas terakhir saya tatkala SMP, 1991. Awal-awal masih terasa limbung mengendalikannya, termasuk saat macet di lampu merah pancoran, saya ikut2an mengantri hingga seorang pengendara sepeda motor menegur saya. "Mas, naik aja ke trotoar!" Ya..ampun..iya ya, ringan banget ya sepeda, jauh sekali ketika saya harus bersusah payah mendirikan motor trail saat terjerembab di lumpur beberapa tahun silam. Jalanan Tebet pun diacak-acak termasuk kawasan tebet Utara yang terkenal karena memiliki angle yang ciamik dengan tongkrongan anak-anak London School-nya...HIngga akhirnya terdampar di Warmo untuk berbuka puasa. Pulang menuju Pancoran adalah tantangannya, perut penuh adalah sebabnya plus nafas yang sudah tersengal-sengal.

Akhirnya,rute Tebet-Buncit-Mampang menjadi rute saya di hari-hari berikutnya, mulailah spirit olahraga saya sedikit demi sedikit meningkat, buka puasa nikmat, badan segar setelah mandi. Alhamdulillah....Sempat terbersit pikiran, saat kongkow di Menteng dengan penunggang sepeda aliran beach cruiser lebih seru dan gaya tentunya. Jok dan setang yang lebar, minimalis...Tapi buang dulu deh, ini buat olahraga kan, simpan dulu buat nanti.

Hanya sempat empat kali saya menaiki sepeda tersebut, hingga salah satu bos saya yang lain berjanji akan menghibahkan sepedanya, dikredit aja dah biar ringan. Saya berpikir sejenak, buat apa ya, sepeda mahal-mahal, toh tetep aja digowes dan cape. Polygon Broadway berkelir merah , Senin pagi itu sudah terparkir. jauh memang kondisinya dengan yang terdahulu. Meskipun bukan kategori sepeda yang hi-end, tapi cukuplah pikir saya buat pemula, sepeda dengan suspensi depan belakang cukup mewakili keinginan saya memiliki sepeda modern, meski penahan roda masih teromol.

Kini, tiap sore, saya selalu menantikan datangnya pukul 17.00 WIB, waktu yang tepat selama satu jam untuk menggerakan otot. Masih kaku memang, belum ketahuan selahnya, kapan harus over gear, gimana teknbik mengayuh di tanjakan. Saya jalanin aja dulu apa adanya, yang penting berkeringat..Beberapa teman sudah meracuni dengan berbagai aksesori, ganti dah tuh setang, ban, rem dan lain-lain. Yang lebih ekstrem, ayo dong main ke tanah! seru sih, cuma nanti aja kali ye..belum pol juga main di aspal..
Makanya, stelan saya pun masih standar kompleks kata orang-orang. Celana pendek, sepatu, topi plus headseat bluetooth untuk menemani saya menikmati musik menyusuri kawasan Pancoran dan sekitarnya. Mungkin setelah lebaran, kalau nggak sibuk, rencananya akan memekarkan jangkauan ke area yang lebih jauh..Mudah2an..
Meski belum terasa benar efeknya, namun kini setelah berbuka puasa, badan seolah kembali segar. dan yang membuat saya tersipu, seorang rekan kantor bilang, Mas perutmu kecilan sekarang!"

Read More...

Jumat, 05 September 2008

KTM Supermoto 990 R

fast,beautiful, rocks!



Read More...

Rabu, 03 September 2008

Marlboro Red Racing X-Perience Sentul











Lima Terbaik Siap Berpacu di Sepang

Sentul, 30 Agustus 2008 – Puncak acara Marlboro Red Racing Moto X2 di Sirkuit Sentul, (30/08), bertajuk Full Action Full Speed menghasilkan lima pemenang terbaik dari 60 finalis terpilih setelah mengikuti tahapan seleksi akhir berupa Marlboro Ducati Riding Course dan Marlboro Ducati Superbike 1098S Two Seater Experience. Lima pemenang tersebut adalah Yoga Pramudita Hidayat (Jakarta), Rhomdony Irawan (Bandung), Anggun Nuswantoro (Depok), Mario Tondi P. Lubis (Medan), dan Yosa Taufik Ismail (Bogor). Mereka akan mendapatkan pengalaman tak ternilai berupa kesempatan merasakan adrenalin dibonceng oleh pembalap legendaris Moto GP Randy Mamola diatas Ducati Desmosedici X2 two seater yang spesifikasinya seperti motor yang digunakan oleh Casey Stoner. Selain itu mereka juga dapat menonton Moto GP secara langsung di paddock Marlboro Ducati, dan bisa bertemu langsung dengan pembalap Marlboro Ducati Casey Stoner dan Marco Melandri.

Sistem penilaian yang dilakukan 12 trainer asal Italia tersebut adalah masing-masing mengajukan salah satu kandidat yang dianggap memiliki kapabilitas baik dari pemahaman mengenai skill, mental hingga improvement mereka dari mulai kedatangan hingga seleksi final. Dari hasil tersebut, mereka kemudian mendiskusikan hasil penilaiannya untuk menentukan lima orang pemenang terbaik.

Sejak pagi hari, ke 60 finalis telah mendapat pembekalan berupa teori mengenai basic skill riding dilanjutkan dengan praktek pengenalan motor Ducati yakni 14 unit Ducati Monster, 14 Ducati Hypermotard. Mereka juga merasakan pengalaman dibonceng selama dua lap di atas Ducati Superbike 1098S Two Seater yang disediakan 3 unit, hingga kecepatan 295 km/jam.

Wajah-wajah ketegangan tampak dari raut mereka saat akan menaiki jok belakang Ducati Superbike 1098S Two Seater, namun begitu turun dari motor, mereka langsung meluapkan kegembiraannya melepaskan ketegangan meredam adrenalin selama dua lap dengan saling merangkul dan tepuk tangan mendapatkan kesempatan yang mungkin hanya sekali seumur hidup. Bahkan ada peserta yang begitu turun dari motor mencium fairing motor.

“Saya bagaikan pemeran utama dalam suatu produksi film di mana semua crew bekerja untuk saya. Kegiatan ini menurut saya sebuah terobosan langkah berani, high class dan pengalaman yang menakjubkan. Saya pikir hanya Marlboro yang bisa membuat seperti ini dan bisa merealisasikan impian saya. Sesuai janji saya, sujud syukur langsung saya lakukan begitu tahu saya menjadi salah satu pemenang. Terima kasih Marlboro!” kata pemenang asal Bogor, Yosa Taufik Ismail dengan penuh semangat.

Sementara itu pemenang asal Medan, Mario Tondi P .Lubis tidak luput mengungkapkan sukacitanya begitu mendengar namanya menjadi pemenang program Marlboro Red Racing Moto X2 ke Sepang. ”Program ini tidak hanya menarik dan luar biasa, namun juga saya mendapat pengetahuan mengenai disiplin, profesionalisme dan kebersamaan diantara sesama finalis. Bangga rasanya memiliki pengalaman yang tak tergantikan ini,” tegas Mario.

Brand Manager Marlboro, Veronica Risariyana langsung menyatakan selamat atas keberhasilan lima pemenang tersebut. ”Meski sempat turun hujan, jalanannya seleksi final ini berlangsung sukses, di mana kami lihat antusias peserta sangat tinggi mengikuti semua tahapan yang digelar. Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada para pemenang, dan ini sebuah persembahan Marlboro untuk merealisasikan impian para penggemar MotoGP di Indonesia,”ujar Risa, panggilan akrabnya.

Kemeriahan acara tidak hanya berlangsung di arena riding course serta sirkuit Sentul saja, namun juga entertainment berkelas ala Marlboro yang memberikan sensasi hiburan yang spektakuler. Marlboro menyuguhkan penampilan spesial dari DJ-DJ terbaik dalam dan luar negeri serta band dan musisi papan atas Indonesia. Gigi, kolaborasi Ari Lasso & Iwa K, Naif, Cokelat, /Rif, Saint Loco, Steven &The Coconut Treez, Cindy Bernadette, dan Dewi Dewi akan tampil didukung desain panggung, sound system serta lighting yang ditata apik sesuai tema Marlboro Red Racing Moto X2. Tidak hanya itu, para DJ andal nasional serta internasional akan hadir mengajak para pengunjung dewasa untuk menikmati suasana outdoor Sentul di malam hari dalam kemasan rave party khas Marlboro. Dinginnya Sentul di malam hari juga dihangatkan oleh hentakan electronic dance music dari DJ-DJ internasional seperti Niklas Harding, Phats and Small, DJ Andy Moor. Selain itu juga DJ-DJ top tanah air seperti E45, Clubhoppers DJ Denny Live Set, Adroitz Special Set, DJ Bhokero & Dey Live, Soulmanellas, Andezzz, dan lainnya.

Salah satu aksi menghebohkan adalah E45 yang merupakan penampilan kolaborasi DJ Romy, Tyo Nugros (eks drummer Dewa 19) serta Bams Samsons. E45 menghentak Sentul dengan Full Speed Full Beat. Para pecinta electronic dance music langsung merangsek ke panggung utama ketika DJ Romy, salah satu DJ paling favorit di tanah air, dan penampilan kolaborasinya dengan Tyo Nugros dan Bams memulai aksinya. Selain para bikers, ribuan orang dari komunitas-komunitas clubbers juga menikmati rave party ini

. Read More...